Profil

Pada dasarnya pendirian Magister Hukum Litigasi dilatarbelakangi oleh penegakan hukum di Indonesia yang dirasakan sudah sangat jauh dari konsep negara hukum (Rechtstaat). Di dalam negara hukum, penegakan hukum atau penyelenggaraan peradilan seharusnya mengedepankan supremasi hukum. Kondisi yang terjadi pada saat ini judicial corruption dalam proses peradilan telah mengakibatkan hancurnya sistem hukum. Lembaga peradilan tercemar oleh perilaku sebagian aparat penegak hukum. Berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan aparat penegak hukum tentunya berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia yang berperan dalam penegakan hukum, khususnya mengenai knowledge, skill dan moral. Dalam upaya penyelesaian hal tersebut sangat dibutuhkan tenaga profesional yang terdidik dalam penegakan hukum oleh profesi hukum, yakni dalam upaya menambah knowledge, skill dan moral melalui sekolah pascasarjana yang khusus secara segmentatif mendidik para aparat penegak hukum dalam wadah lembaga pendidikan “Magister Hukum Litigasi”.

Dalam penyelenggaraan Program Studi Magister Hukum Litigasi, maka disusunlah visi, misi, sasaran, dan tujuan. Penyusunan visi, misi, sasaran dan tujuan dilakukan dengan melibatkan stakeholders yang terkait dan alumni Fakultas Hukum UGM yang bersamaan pada acara Dies Natalis Fakultas Hukum yang ke-65 pada bulan Februari tahun 2011 di Yogyakarta. Pada saat itu, unit pengelola program magister bekerjasama dengan Program Studi Magister Hukum Litigasi mengadakan peninjauan kurikulum seluruh program studi yang di bawah unit pengelola. Program Studi Magister Hukum Litigasi turut menjadi program studi yang ditinjau visi, misi, sasaran dan tujuan, serta kurikulum pembelajarannya. Pada acara tersebut diundang para alumni, pengguna lulusan, instansi penegak hukum, dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum. Visi, misi, tujuan, dan sasaran disusun dengan sangat hati-hati dengan mempertimbangkan segala aspek yang berkaitan dengan hukum litigasi dan kebutuhan masyarakat saat ini. Kemudian, visi, misi, tujuan, dan sasaran dirumuskan dalam rencana strategis dan rencana operasional Program Studi Magister Hukum Litigasi.

Sebagai satu satunya Program Studi di Indonesia yang memberikan gelar Magister Hukum Litigasi, maka penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran harus melibatkan berbagai pihak yang relevan dengan pengembangan program studi. Dalam hal ini, agenda penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi melibatkan berbagai elemen penegak hukum, meliputi kepolisian, kejaksaan, hakim, dan advokat yang diwakili pihak-pihak yang cukup representatif. Visi, misi, tujuan dan sasaran program studi disusun dengan mendasarkan pada kebutuhan dan fokus untuk menciptakan penegak hukum yang professional berlandaskan keilmuan serta memiliki daya saing nasional dan internasional.

Visi

Menjadikan Program Studi Magister Hukum Litigasi sebagai pusat pengembangan, pengkajian, dan penerapan ilmu hukum di bidang hukum litigasi secara profesional dalam penegakan hukum yang berdaya saing internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran hukum litigasi yang berkualitas berbasis teori dan praktik berkualitas internasional.
  2. Menyelenggarakan dan meningkatkan penelitian hukum untuk mengembangkan keilmuan hukum litigasi yang bermanfaat bagi penegakan hukum.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang hukum litigasi.